Selamat Datang di Blog TARJUM SAHMAD : Ragam Kesehatan
WASPADA SYNDROM SERANGAN JANTUNG KORONER AKUT

WASPADA SYNDROM SERANGAN JANTUNG KORONER AKUT

Kebanyakan orang lebih mengenal dengan Angin Duduk. Hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, orang yang terserang angin duduk bisa meninggal. Padahal sebelumnya penderita terlihat sehat-sehat saja.

Dunia kedokteran selama dua tahun terakhir berhasil mengidentifikasi istilah baru penyakit jantung yang akrab di sebut angin duduk. Ternyata, penyakit ini tak sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan Syndrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Teridentifikasinya istilah ini, menurut Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD. Menandai sebuah koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini. Bahwa masuk angin hebat itu adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit sejak serangan pertama.

Jadi kata Teguh lagi, jika Anda tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun termasuk berhubungan seks. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penanganan Gawat darurat jantung.

Ingat....!!!. Tidak boleh lebih dari 15 menit setelah serangan nyeri pertama. Sindrom serangan jantung koroner akut merupakan penemuan terbaru akhirnya banyak disikapi masyarakat dengan tindakan yang salah. Misalnya, penderita dikerok atau diberi minuman air panas. Padahal, penderita bisa meninggal mendadak tanpa ada tanda-tanda sakit.

Gejalanya:

Muncul keluhan nyeri ditengah dada, seperti:

- Rasa ditekan

- Rasa diremas-remas, menjalar ke leher,lengan kiri dan kanan, serta ulu hati.

- Rasa terbakar dengan sesak napas dan keringat dingin.

Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu,serta punggung. Lebih spesifik, ada juga yang disertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag.

Sumber masalah sesungguhnya hanya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokonstriksi).

Penyempitan ini diakibatkan oleh empat hal :

  1. Adanya timbunan-lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tingg
  2. sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus)
  3. Vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus
  4. Infeksi pada pembuluh darah

Penyempitan itu, lanjutnya lagi,mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung.Ketidak-seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medisnya disebut angina.Namun kata Teguh, hendaknya di bedakan antara keluhan nyeri pada sindrom serangan jantung koroner akut (SSJKA) dengan serangan jantung koroner (SJK) (infark miokard).

Pada serangan jantung koroner, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktivitas fisik yang berlebihan. Sementara pada SSJKA angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang dirasakan saat istirahat.

Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA) ini memang mendadak. Faktor penyebabnya bisa di sebabkan beberapa hal di antaranya : Pola makan tidak teratur, mengkonsumsi makanan yg tinggi lemak dan koleterol berbahaya, gaya hidup yg serba praktis, faktor kelelahan, asam lambung yg berlebih (asidosis) sehingga yg masuk ke dalam jantung bukanlah oksigen yg di perluka oleh jantung tetapi zat asam. Biasanya penderita akan meninggal paling lama 15 s/d 30 menit setelah keluhan rasa nyeri pertama kali dirasakan”.

Masyarakat diminta waspada terhadap keluhan angina ini. Soalnya penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat. Solusi satu- satunya hanyalah melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat untuk mengantisipasi ketidak-seimbangan supply oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis.

Di tempat terpisah, ahli jantung RS Jantung Harapan Kita dr. Santoso Karo-Karo MPH, SpJp mengungkapkan kondisi rumah sakit di Indonesia tidak terlalu bisa diharapkan untuk pengobatan SSJKA. Rumah sakit terkesan lambat menangani pasien.

Untuk itu solusi yang terbaik adalah dengan melakukan upaya pencegahan, mengingat Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA) bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, sehinnga solusi yang terbaik adalah dengan menghilangkan potensi serangan ini, yaitu dengan menjaga kebersihan pembuluh darah dan darah juga menjaga kesehatan jantung.

Bagaimanapun juga  mencegah adalah lebih baik daripada mengobati

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga jantung tetap sehat :

  1. Menjaga pola makan sehat dengan gizi dan nutrisi yang seimbang
  2. Menjaga pola hidup sehat dengan olah raga dan istirahat yang cukup.
  3. Mengatur tingkat stress.
  4. Menghindari lingkungan yang bebas polusi

Akan tetapi hidup di zaman modern seperti sekarang ini, sulit rasanya orang akan terus komitmen untuk menjalankan 4 hal ini, msalnya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari saja tidak lepas dari perasa, pengawet, pewarna belum lagi pestisida yang ada dalam sayuran, belum polusi udara terjadi dimana-mana, sudah begitu untuk olah raga alasan tidak punya waktu, dari sinilah sebenarnya awal dari menumpuknya toxin/racun yang bisa mengakibatkan sumbatan pembuluh darah. Untuk itulah sangat diperlukan nutrisi alami terbaik buat kesehatan Jantung.

Sangat beruntung, sekarang sudah ada ProArgi 9 Plus yang mengandung bahan utama L-Arginine terbaik didunia, dimana nutrisi ini adalah hasil uji klinis dan penelitian medis dari ilmuan yang sudah mendapatkan pengakuan dunia dengan mendapatkan penghargaan Nobel bidang kesehatan dan masuk dalam buku PDR sebagai buku rujukan para dokter untuk mengatasi / mencegah masalah Cardiovascular (Pembuluh darah dan Jantung).

Akhirnya, dengan kita melakukan upaya preventive yang baik semoga bisa terhindar dari Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA) yang sangat berakibat fatal ini, belum lagi kalau mengingat masih banyak tugas dan tanggung jawab kita di dunia ini dan belum cukupnya bekal kehidupan di akhirat, tidak ada alasan lagi untuk tidak dan terus berupaya menjaga kesehatan organ yang sangat vital ini.

Salam Sehat Selalu ...!










Selamat Datang di Blog TARJUM SAHMAD : Ragam Kesehatan Lainnya
Gaya Hidup Sehat Keluarga Kecil Kami
Gaya Hidup Sehat Keluarga Kecil Kami
Rabu, 18 Mei 2016 12:17 WIB
Artikel ini saya tulis sehari setelah istri tercinta Ultah ke-35. Tak terasa usia pernikahan kami sudah menginjak tahun ke 16. Sudah dikaruniai buah hati belahan jiwa 2 orang puteri cantik, Vania (14 th) dan Rahma (8 th).
Rahasia Kulit Kencang, Mulus dan Cerah
Rahasia Kulit Kencang, Mulus dan Cerah
Selasa, 14 Juni 2016 16:08 WIB
Perhatikan foto selfie di atas. Linda (kiri) dan Vania (kanan). Menurut anda terpaut berapa tahun usia kedua perempuan cantik ini? Apakah mereka berdua tampak seperti ibu dan anak atau lebih mirip kakak adik?
---- Mandi ~ Sehat -----
---- Mandi ~ Sehat -----
Jum'at, 18 Maret 2016 18:21 WIB
Mandi adalah kebiasaan yang dimiliki oleh semua orang, apalagi mandi pasti sudah biasa dilakukan dari kecil. Mungkin selama ini, anda tidak pernah memikirkan tata cara mandi yang benar, asal anda sudah mengguyurkan air ke badan, memakai shampoo dan menggunakan sabun mandi serta sabun cuci muka, pasti anda sudah merasa bersih. Namun ternyata, taukah anda kalau sebenarnya tata cara mandi yang benar akan menjauhkan anda dari penyakit influenza dan masuk angin?
Kolostrum pada Ibu Hamil
Kolostrum pada Ibu Hamil
Rabu, 16 Maret 2016 16:44 WIB
kolostrum tidak hanya meningkatkan kekebalan ibu untuk mencegah penyakit seperti flu, pneumonia atau penyakit lainnya
Rekomendasi Produk
ProArgi-9+
ProArgi-9 Plus adalah produk Synergy terlaris dan menjadi dasar dari setiap rangkaian produk nutrisi. Satu bungkus mengandung 5000 mg (5 gram) unsur l-arginin dengan mutu farmasi. Sering disebut sebagai "molekul ajaib," l-arginin sangat berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan.

Rp 1.111.500
Rp 1.111.500




Perlu Bantuan?

Hai, Saya TARJUM SAHMAD Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone +6285221074133 atau di WhatsApp +6289636613462 :

Kirim Pesan  Chat WhatsApp