Selamat Datang di Blog Ropidin, S.Pd. : Ragam Kesehatan
Mengapa Seringkali Orang Gemuk Mengalami Masalah Tingginya Kadar Gula Darah?

Mengapa Seringkali Orang Gemuk Mengalami Masalah Tingginya Kadar Gula Darah?

Asal Mula Gula Darah

Pertama-tama Anda harus mengetahui bagaimana tubuh mengatur gula. Gula dalam darah disebut glukosa, dan berasal dari dua sumber, yakni dari makanan yang masuk dan yang diproduksi hati. Makanan sehari-hari, seperti nasi, roti, mie, umbi-umbian, gula pasir, dan minuman bersoda mengandung karbohidrat. Kemudian karbohidrat diserap tubuh lewat usus, dan berubah menjadi glukosa.
 

Proses Sirkulasi Gula Darah

Glukosa berada di otot dan jaringan, merupakan sumber energi utama sel tubuh. Agar dapat melakukan fungsinya, glukosa butuh “teman” yang dinamakan insulin. Hormon insulin diproduksi sel beta kelenjar pankreas. Tiap kali Anda makan, pankreas mengeluarkan insulin ke dalam aliran darah. Ibarat kunci, insulin membuka pintu sel agar glukosa bisa masuk. Dengan demikian, kadar glukosa dalam darah akan turun.
Hati merupakan tempat penyimpanan sekaligus pusat pengolahan glukosa. Pada saat kadar insulin meningkat seiring makanan yang masuk ke dalam tubuh, hati akan menimbun glukosa. Nantinya akan dialirkan menuju sel-sel tubuh bila diperlukan. Ketika Anda lapar atau tidak makan, insulin dalam darah rendah sehingga terpaksalah timbunan gula dalam hati (glikogen) diubah menjadi glukosa kembali dan dikeluarkan ke aliran darah yang berjalan menuju sel-sel tubuh.
 

Pentingnya Keseimbangan Hormon

Dalam pankreas juga ada sel alfa yang memproduksi hormon glukagon. Jika kadar glukosa darah rendah, glukagon akan merangsang sel hati agar bekerja memecah glikogen menjadi glukosa.
Tubuh mempunyai sejumlah hormon yang berlawanan dengan insulin, seperti glukagon, epinefrin (adrenalin), dan kortisol (hormon steroid). Hormon-hormon ini memicu hati mengeluarkan glukosa sehingga glukosa darah bisa naik. Keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh akan mempertahankan gula darah berada dalam batas normal.
 

Penyebab Gula Darah Sulit Diturunkan

Pada penderita diabetes, ada gangguan keseimbangan antara transportasi glukosa ke dalam sel, glukosa yang disimpan dalam hati, serta glukosa yang dikeluarkan dari hati. Sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat. Selanjutnya, kelebihan glukosa akan keluar melalui urine. Sehingga jumlah urina banyak dan mengandung gula.
Penyebab keadaan ini ada dua. Pertama, pankreas tidak mampu lagi membuat insulin. Kedua, sel tubuh tidak memberi respon pada kerja insulin sebagai kunci pembuka pintu sel sehingga glukosa tidak bisa masuk.
 

Akibat Kegemukan Terhadap Kinerja Insulin

Bila tubuh Anda gemuk karena kebanyakan lemak, banyak hormon dalam lemak ini yang menghalangi kinerja insulin. Sehingga insulin tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, gula daah sulit diturunkan. Karena itulah, seringkali orang gemuk mengalami masalah tingginya kadar gula darah.










Selamat Datang di Blog Ropidin, S.Pd. : Ragam Kesehatan Lainnya
MENJAGA KESEHATAN DENGAN CERDIK
MENJAGA KESEHATAN DENGAN CERDIK
Jum'at, 18 Maret 2016 18:26 WIB
Sebagian kalangan yg sudah SADAR bahwa kesehatan HARUS menjadi prioritas UTAMA dalam kehidupannya, kini tersandung masalah Biaya pemeliharaan kesehatan yg tidak sedikit.
7 Cara Alami untuk Meremajakan Tubuh Anda
7 Cara Alami untuk Meremajakan Tubuh Anda
Senin, 20 Mei 2019 21:55 WIB
Sementara kebanyakan orang lebih memilih cara instant dengan obat-obatan kimia untuk mengatasi keluhan atau penyakit yang dideritanya, nutrisionis modern justru lebih merekomendasikan pola hidup sehat dan alami. Berikut beberapa rekomendasi tersebut.
Apa yang dilakukan minuman ringan..
Apa yang dilakukan minuman ringan..
Jum'at, 18 Maret 2016 15:57 WIB
Minuman ringan dapat menguras kalsium dari tulang, sehingga membuat tulang menjadi lemah dan rapuh. Asam fosfat yang ditambahkan dalam minuman ringan membuatnya jadi asam dan itu bisa menggerus kalsium dari tulang Anda.
YAKINKAH ANDA SEHAT HARI INI?
YAKINKAH ANDA SEHAT HARI INI?
Sabtu, 02 Juli 2016 10:06 WIB
Banyak orang merasa dan menganggap dirinya sehat dan baik-baik saja, lalu asyik menuruti hawa nafsunya dan tidak mencurahkan perhatian khusus bagi kesehatannya. Hingga pada akhirnya tiba hari naasnya, tubuhnya ambruk jatuh sakit, dan dokter memvonis bahwa dia tertimpa penyakit berat stadium tingkat tinggi. Sungguh mengerikan!!!

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Ropidin, S.Pd. Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 082119170489 atau di WhatsApp 082119170489 :

Kirim Pesan  Chat WhatsApp