Selamat Datang di Blog Evi Rikha Istihana : Ragam Kesehatan
Sumber Makanan Penurun Kolesterol

Sumber Makanan Penurun Kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang mulai banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Jika tidak segera dikendalikan, kolesterol yang terlampau tinggi bisa membuat Anda terkena stroke atau serangan jantung. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi masalah kolesterol tinggi ini dengan makan-makanan penurun kolesterol. Apa saja itu? Yuk, simak paparan singkat berikut.
 

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Pasalnya, minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E. Kedua nutrisi ini dapat menurunkan LDL kolesterol atau lemak jahat, dan menaikkan HDL kolesterol alias lemak baik.

Baca juga >> Buah-buahan Penurun Kolesterol

Anda bisa mencampurkan 2 sendok minyak zaitun dan buah zaitun pada salad atau coba menggoreng dan menumis makanan menggunakan minyak dari buah zaitun tersebut.
 

2. Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

Siapa yang tidak tahu oatmeal? Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi oatmeal sebagai makanan diet andalan. Namun nyatanya, oatmeal juga termasuk makanan penurun kolesterol, lho!

Oatmeal baik untuk kesehatan karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar LDL pada tubuh. Serat pada oatmeal dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Mengonsumsi 10 gram serat dari oatmeal dapat mengurangi total kolesterol, termasuk kolesterol jahat alias LDL.

Baca juga: 

 

3. Kacang Kedelai

Sumber makanan yang berasal dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, atau kembang tahu mengandung zat isoflavon. Isoflavon ini berfungsi sebagai zat yang dapat menekan kolesterol jahat (LDL) agar tidak berkembang lebih banyak di aliran darah. 

Baca juga >> Pilihan Obat Penurun Kolesterol

Meski begitu, ada hal yang harus Anda hindari. Ketika mengolah bahan makanan dari kacang kedelai, hindari memasak atau menambahkan minyak goreng biasa. Supaya lebih sehat, tukar minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika Serikat yang setara dengan Badan POM di Indonesia menyarankan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari sebagai makanan penurun kolesterol.
 

4. Kacang-kacangan

Kacang memang sangat cocok dikonsumsi sebagai salah satu makanan untuk diet. Selain itu, kacang bisa jadi makanan penurun kolesterol yang lezat.

Sama seperti saat Anda mengandalkannya sebagai makanan diet, kandungan serat larut yang sangat tinggi pada kacang juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol tubuh. Mengonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang, atau kacang almond secara teratur selama 6 minggu dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen.
 

5. Ikan Salmon

Ikan salmon diperkaya dengan kandungan omega-3 bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida serta meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL). Selain mengandung omega-3, ikan salmon juga mengandung EPA dan DHA yang sangat baik bagi kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Baca juga >> Beragam Herbal Penurun Kolesterol Alami

Sebuah asosiasi kesehatan di Amerika menyimpulkan bahwa mengonsumsi ikan salmon, ikan tuna, sarden, atau makarel, minimal 2 porsi dalam satu minggu dapat memberi manfaat yang sangat optimal dalam menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ini artinya, ikan sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu makanan penurun kolesterol andalan bagi Anda.
 

6. Kuaci Tawar

Siapa sangka kalau biji bunga matahari yang sering disebut kuaci ini ternyata merupakan salah satu makanan penurun kolesterol?

Kuaci mengandung zat tembaga yang baik bagi tubuh. Tubuh kita butuh zat tembaga, karena pola makan yang rendah asupan tembaga akan lebih rentan mengalami kenaikan kadar kolesterol jahat LDL, dan terbatasnya kolesterol baik yang terserap ke tubuh.

Jika Anda hobi makan camilan kuaci biji labu maupun biji bunga matahari, terutama yang tawar tanpa tambahan garam, ini perlahan-lahan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh jika disertai pola makan yang sehat.

(Sumber: HelloSehat.com)










Selamat Datang di Blog Evi Rikha Istihana : Ragam Kesehatan Lainnya
Why Detox ?
Why Detox ?
Rabu, 16 Maret 2016 17:02 WIB
"Detox” adalah proses pengeluaran racun (toksin) dari dalam tubuh. Toksin bukan racun seperti bisa ular atau racun serangga, tapi zat yang menumpuk di dalam tubuh dan bersifat merusak.
Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat?
Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat?
Jum'at, 18 Maret 2016 08:56 WIB
Anda sering merasa lelah, padahal sudah cukup istirahat? Hati-hati. Bisa saja menjadi gejala penyakit serius. #SekedarLelahAtauSedangSakit ?
CUCI KAKI
CUCI KAKI
Rabu, 16 Maret 2016 16:00 WIB
Luka kecil pada kaki penderita diabetes bisa saja menjadi petaka bagi penderita.
Keringat Dingin
Keringat Dingin
Rabu, 16 Maret 2016 16:53 WIB
Kepanikan, tegang dan stres adalah beberapa faktor psikis yang dapat memicu munculnya keringat dingin. Namun lebih jauh, ternyata keringat dingin juga dapat menandakan gangguan kesehatan yang kemungkinan dapat memicu kondisi yang cukup berbahaya sehingga penderitanya harus segera mendapat pertolongan.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Evi Rikha Istihana Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 081584235550 atau di WhatsApp 081584235550 :

Kirim Pesan  Chat WhatsApp