Selamat Datang di Blog Ropidin, S.Pd. : Ragam Kesehatan
Sakit dada sebelah kanan

Sakit dada sebelah kanan

Sakit dada sebelah kanan bisa saja terkait dengan serangan jantung. Meski umumnya serangan jantung terasa pada sebelah kiri, sakit dada sebelah kanan tetap perlu diperhatikan karena bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius.

Sakit dada sebelah kanan jarang diperhatikan karena orang lebih berkonsentrasi pada jantung yang ada di dada sebelah kiri. Padahal sakit dada sebelah kanan terkait dengan beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada orang tua.

Ada beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang mengalami sakit dada sebelah kanan, yaitu:
• Nyeri di dada saat mengubah posisi tubuh.
• Sensasi rasa perih di dalam rongga dada atau di belakang tulang dada.
• Nyeri di dada terasa menusuk.
• Dada terasa seperti diremas, ditekan, dan sesak.
• Sakit saat bernapas, terutama ketika berbaring.
• Terasa aliran balik dari saluran cerna di dalam mulut.

Berikut beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada dada sebelah kanan:

– Infeksi virus penyebab flu dan batuk bisa bertanggung jawab terhadap timbulnya rasa sakit di dada sebelah kanan. Rasa sakitnya akan kian terasa saat batuk dan melakukan pernapasan panjang.

– Stres dapat memperburuk gangguan saluran pencernaan seseorang. Jika saluran cerna terganggu maka bisa memicu rasa sakit pada dada sebelah kanan.

– Olahraga atau kegiatan yang melibatkan otot dada secara berlebihan bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan kian memburuk saat otot dada kanan digerakkan.

– Masalah paru yang bisa menyebabkan sakit dada bagian kanan antara lain adalah pneumonia atau infeksi jaringan paru dan pleuritis atau radang selaput paru. Ada juga pneumothorax, yaitu kondisi paru yang kempis oleh karena trauma luar sehingga tekanan udara di dalam paru-paru serta pernapasan terganggu. Embolisme atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat dada sebelah kanan terasa nyeri.

– Peradangan pada hati atau hepatitis juga menjadi salah satu kondisi kesehatan yang bertanggung jawab terhadap munculnya sakit dada sebelah kanan. Letak hati yang berdekatan dengan dinding rongga dada kanan adalah penyebab kenapa dada bagian kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.

– Cedera pada tulang, otot, dan syaraf juga bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kanan. Tulang iga kanan yang patah akan menyebabkan dada sebelah kanan sakit, terutama saat bernapas dan batuk. Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa mengalami cedera karena batuk yang terlalu keras atau pergerakan sehingga menyebabkan sakit dada sebelah kanan.

– Masalah pencernaan juga bisa menyebabkan sakit dada sebelah kanan. Misalnya saja GERD atau refluks asam yang bisa menyebabkan nyeri dan perih di dada bagian kanan karena kerongkongan dan jantung berbagi jaringan syaraf yang sama. Radang pankreas juga menyebabkan rasa sakit di dada sebelah kanan bawah terutama saat berbaring. Rasa sakit akibat radang pankreas akan membaik tiap kali bersandar menghadap ke depan. Selain itu, tukak lambung juga berpotensi membuat sakit dada sebelah kanan.

Karena dada memiliki berbagai organ yang sangat vital bagi tubuh, maka jangan anggap remeh jika dada terasa sakit. Beberapa kondisi sakit dada sebelah kanan disertai kondisi berikut wajib meminta bantuan dokter:
                                                                                                                                                           
• Susah menelan.
• Demam, menggigil, atau batuk sambil mengeluarkan dahak kuning kehijauan.
• Rasa sakit dada sebelah kanan yang parah namun tidak kunjung pergi.

Sementara itu, kondisi yang perlu segera meminta pertolongan gawat darurat adalah jika sakit dada sebelah kanan disertai kondisi berikut:

• Ada serangan mendadak berupa sesak dan tekanan yang berat pada tulang dada.
• Setelah lama tidak melakukan olahraga, mendadak dada terasa sakit disertai susah bernapas.
• Nyeri dada menjalar ke tangan kiri, punggung, dan rahang.
• Denyut jantung atau tekanan darah terlampau rendah.
• Detak jantung kian cepat, pusing, mual, pucat, dan keringat berlebih.

Penanganan yang cepat dan pencegahan sejak dini akan sangat membantu untuk keberhasilan pengobatan dan pencegahan terhadap penyebab timbulnya sakit dada sebelah kanan.
 










Selamat Datang di Blog Ropidin, S.Pd. : Ragam Kesehatan Lainnya
Penting..!!! Perbaiki 3 Hal ini Sebelum Ikut Program Pelangsingan
Penting..!!! Perbaiki 3 Hal ini Sebelum Ikut Program Pelangsingan
Minggu, 27 Mei 2018 01:16 WIB
Melangsing itu butuh perubahan secara menyeluruh pada pola pikir kita. Tujuan melangsing adalah agar ukuran dan bentuk tubuh menjadi lebih ideal. Menurunnya berat badan saja tidak langsung mengubah tubuh kita secara proporsional. Untuk itu, kali ini saya sampaikan 3 hal penting, menurut Ratih Maharani dalam bukunya "Easy Langsing", yang harus diperbaiki sebelum melakukan program pelangsingan.
Waspadalah..!!! Bahaya Tidur Bakda Sahur, Rentan Diare Hingga Stroke
Waspadalah..!!! Bahaya Tidur Bakda Sahur, Rentan Diare Hingga Stroke
Minggu, 19 Mei 2019 11:24 WIB
Aktivitas Ramadhan memang cukup padat. Mulai salat tarawih, lanjut tadarus al-Quran, dan aktivitas ibadah lainnya hingga jatah tidur berkurang. Wajar bila bangun untuk santap sahur terasa begitu berat. Karenanya tak heran jika setelah makan sahur banyak yang "balas dendam", dengan melanjutkan tidur. Ternyata, kebiasaan ini dapat berakibat buruk pada kesehatan. Sejumlah penyakit dapat muncul akibat tidur setelah santap sahur.
Sudah Capek-Capek Olahraga Tetap Saja gendut
Sudah Capek-Capek Olahraga Tetap Saja gendut
Selasa, 22 Maret 2016 16:52 WIB
Merasa sudah rutin berolahraga bukan berarti Anda boleh makan sembarangan setelahnya, karena dapat membuat Anda gendut kembali. Tetap jaga pola makan supaya waktu dan tenaga yang Anda gunakan untuk berolahraga tidak jadi sia-sia.
Gangguan Persendian
Gangguan Persendian
Selasa, 22 Maret 2016 15:49 WIB
Saat Anda bertambah tua, tulang rawan menjadi lebih keras, lebih rapuh, dan lebih mudah rusak

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Ropidin, S.Pd. Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? atau andamembutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya melalui Handphone 082119170489 atau di WhatsApp 082119170489 :

Kirim Pesan  Chat WhatsApp